English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Cara Mengatasi Stress Saat Belajar

“Setiap orang yang sukses pasti mempunyai tips ampuh untuk mengatasi stress”, kata Dr. Woodson Merrell dari Beth Israel Hospital, New York. “Hanya mereka yang mempunyai pandangan positif terhadap situasi terburuk yang bisa mengatasi stress sehingga penyakit stress ini tidak sampai menyebabkan meningkatnya resiko terkena penyakit jantung.” imbuhnya.

Tetapi semua orang, disadari atau tidak, membutuhkan penyakit stress ini dalam jumlah tertentu. Dalam jumlah yang tepat, penyakit stress ini dapat memberikan motivasi dan dapat mengasah kecerdasan mereka juga membantu mereka untuk tetap waspada dan sigap dalam menghadapi segala situasi yang mungkin muncul. Bayangkan kehidupan tanpa stress, duduk di bawah pohon tepi pantai dengan pasir putih dan mendengarkan nyanyian ombak, ditemani segelas minuman segar. Mungkin kedengarannya indah? Mungkin. Tapi bayangkan jika Anda harus menjalani hidup seperti ini seumur hidup Anda? Dengan kehidupan seperti ini, Anda tidak akan termotivasi untuk melakukan apapun dan mencapai tujuan apapun dalam hidup Anda.

Sebaliknya, hidup dalam kondisi stress secara terus menerus juga bukan merupakan ide yang bagus. Stress yang berkepanjangan ini akan menyebabkan tubuh Anda memproduksi hormon cortisol dalam jumlah besar yang telah terbukti dapat menyebabkan kita kehilangan fungsi kognitif dan menyebabkan daya tahan tubuh kita lemah. Stress tidak hanya memberikan efek negatif untuk kesehatan tapi juga akan menyebabkan kita bersikap buruk terhadap orang-orang di sekitar kita. Untuk apa hidup dalam stress yang berkepanjangan meskipun Anda sukses jika pada akhirnya karena stress tersebut Anda harus kehilangan orang-orang yang Anda sayangi dan bahkan mati muda karena serangan jantung? Maka idealnya adalah memiliki stress dalam jumlah yang cukup untuk membantu kita tetap fokus tetapi juga mempunyai cara-cara ampuh untuk mengatasinya sehingga penyakit stress ini tidak mengendalikan hidup kita.


Berikut ini adalah sedikit tips yang bisa kita coba untuk menangani stress saat kita belajar:

Meditasi atau Relaksasi
Para pakar mengatakan bahwa cara paling ampuh untuk mengatasi stress adalah meditasi. Karena meditasi dapat membantu seseorang untuk menjernihkan pikiran dan berkonsentrasi pada ketenangan alam sekitarnya. Telah dibuktikan bahwa meditasi selama 15 menit memberikan istirahat dan ketenangan yang lebih dibandingkan tidur nyenyak selama 1 jam. Tetapi sebenarnya hanya dengan meditasi 1-2 menit setiap hari sudah dapat memberikan efek positif yang luar biasa untuk Anda. Mulailah dengan duduk tegak dan kosongkan pikiran Anda. Meditasi akan membantu kita untuk melupakan pikiran-pikiran dan kekhawatiran yang menyebabkan kita menjadi stress.

Luangkan Waktumu
Seimbangkan waktu untuk keluarga, teman, belajar, dan untuk dirimu sendiri. Menyediakan waktu untuk aktivitas yang menyenangkan, sama pentingnya dengan belajar. Luangkan waktu lebih bersama keluarga dan kerabat tentunya (karena, Family is Everything, bila terjadi mis-komunikasi dengan keluarga, tandanya kehilangan bagian terpenting dalam hidup). Hang out untuk refresing bersama teman-teman untuk menghindari kejenuhan sekolah pada akhir minggu.

Belajarlah Secara Kelompok
Bila belajar, janganlah belajar sendiri, lebih baik belajar bersama atau belajar kelompok (dengan teman kelas/teman kos/tetangga) ataupun ditemani anggota keluarga yg ada  dengan diselangi sedikit canda untuk menghilangkan stres walaupun membuyarkan konsentrasi sedikit.

Tersenyum
Anda tidak perlu membayar untuk tersenyum! Sebuah senyuman membuat relaks semua otot-otot utama di wajah. Anda merasa senang, stres pun hilang.

Makan dan Istirahat Yang Cukup
Cobalah makan menu seimbang dan jangan melewatkan waktu makan. Dengan minimal tidur siang pada hari libur. Kondisi kurang tidur akan membuat kita melihat masalah secara berlebihan dan memperburuk situasi.

Hoby
Jika seseorang mengalami stress berat, maka cara yang baik untuk melepaskan stress tersebut adalah dengan menyalurkannya dalam bentuk hobby. Hobby yang melibatkan banyak orang dalam satu grup juga sangat dianjurkan karena hobby ini akan sangat kondusif terhadap kehidupan sosial seseorang.

Jangan Selalu Berpikir Tentang Kompetisi
Setiap situasi dalam hidup tidak mengharuskan Anda untuk menang atau kalah. Sesuaikan pendekatan Anda terhadap suatu aktivitas berdasarkan kebutuhannya. Kembangkan sikap positif. Lihatlah dunia dari sisi yang lebih cerah. Ini akan memberikan kekuatan untuk menerima stres sebagai bagian dari hidup.

Bicarakan
Bicarakan stres Anda dengan teman atau anggota keluarga yang suportif. Ini bisa menjadi obat yang baik untuk stres. mengunjungi ahli terapi secara teratur juga akan sangat membantu kita mengatasi stress.

No comments:

Post a Comment